Membuat Boneka Kain Flanel yang Simpel, Begini Caranya!

Begini cara membuat boneka dari flanel yang mudah.

flanel.jpg

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenain dunia per-kainflanel-an. Kamu udah tahu kan guys bagaimana bentuknya kain flanel? Ya, kain flanel bertekstur agak kaku kalo kita pegang sehingga mudah untuk dibentuk. Kerajinan dari kain flanel saat ini sudah menjadi trend dan populer. Tentunya kita akan mudah untuk membeli kain flanel di toko-toko kain maupun toko-toko yang menjual aksesoris jahit-menjahit.

Harga kain flanel pun tidak terlalu mahal, kamu cukup merogoh kocek puluhan ribu saja untuk mendapatkan berbagai macam warna kain flanel. Tentunya akan lebih murah apabila beli secara partai atau grosir ya. Selain kepuasan yang didapatkan, membuat kerajinan dari kain flaneljuga mengolah kreativitas kamu karena kamu membuat berbagai kreasi kain flanel untuk kamu sendiri, untuk kado orang-orang tersayang, atau kamu juga bisa loh menjual hasil karyamu yang unik itu.

Saat ini usaha kreasi kain flanel sudah banyak dilakukan oleh ibu-ibu, mahasiswa, atau komunitas-komunitas, bahkan pegiat-pegiat di bidang ekonomi kreatif. Selain dapat menyalurkan bakat dan hobi kamu, dari kreasi kain flanel ini bisa dapat penghasilan juga kan?

Sekarang kita coba buat kreasi boneka dari kain flanel sederhana yang bisa kamu tiru dan lakukan sendiri di rumah. Kita mulai persiapkan alat dan bahannya ya guys.

  1. Sediakan kain flanel, carilah kain flanel dengan berbagai warna. Ini dapat mempermudah kamu dalam berkreasi
  2. Benang, sediakan juga beberapa benang dengan warna berbeda.
  3. Jarum
  4. Aksesoris pendukung (seperti kapas dakron dan pernak pernik)
  5. Lem tembak
  6. Gunting
  7. Spidol

Setelah perlengkapannya siap, kita mulai buat boneka flanel yang lucu yuk. Cara membuat boneka kain flanel

  1. Membuat pola boneka

Membuat pola boneka kain flanel sangat diperlukan. Kita dapat mencari gambar-gambar yang ada di internet atau buku-buku sebagai contoh. Kamu bisa menyalinnya di selembar kertas dan setelahnya bisa kamu gunting-gunting sesuai pola. Karena dengan pola yang telah kita tentukan, akan lebih memudahkan kita dalam membuat boneka.

flanel 2.jpg2. Memotong kain flanel sesuai pola

Setelah pola dari kreasi kain flanel yang ingin kamu buat jadi, guntinglah pola pada kertas  tersebut yang langsung ditempelkan pada kain flanel. Cara ini akan lebih memudahkan kamu dalam membentuk tanpa harus menggambar lagi pada kain flanel.

Sumber : https://tipshidupcermat.wordpress.com/wp-content/uploads/2018/07/a2ef7-gantungan_kunci2.jpg

3. Menjahit pola

Setelah di potong-potong sesuai dengan pola, langkah selanjutnya adalah menjahit pinggiran pola dengan teknik feston dan aksesoris yang berada di atasnya dengan tusuk jelujur. Warna benang yang digunakan boleh berbeda warnanya dari warna kain flanel yang digunakan. Agar lebih terlihat mencolok, eits tetapi itu tergantung seleramu ya guys.

flanel 4

Sumber : https://www.pinterest.ca/pin/734720126680579703/

4. Isi dakron

Setelah menjahit sebagian sisi pada pola boneka. Isilah di dalamnya dengan dakron, kapuk, atau kapas. Isilah dengan secukupnya, apabila terlalu sedikit akan nampak kurang berisi dan apabila terlalu banyak nantinya akan lebih sulit untuk dijahit ketika menutup bonekanya.

Sumber : https://rumahflanel45.files.wordpress.com/2013/03/dakron-l.jpg

5. Jahit untuk menutup dan tempelkan aksesoris

Setelah di isi dengan dakron, jahit menutuplah pola tadi. Kemudian tempelkan beberapa aksesoris seperti mata, hidung, telinga dengan menggunakan lem tembak. Tujuan penggunaan lem tembak adalah agar aksesoris lebih menempel dibandingkan dengan lem-lem jenis lainnya. Nah, setelah ini kreasi boneka dari kain flanel sudah jadi.

Sumber : https://i.ytimg.com/vi/W_yaZHPOuiE/maxresdefault.jpg

Kamu juga bisa membuat boneka jari flanel yang lucu loh. Karakter-karakternya bisa mencontoh gambar-gambar kartun atau binatang-binatang. Boneka jari flanel ini bisa kamu gunakan saat mendongeng dan bercerita kepada anak-anak. Mudah bukan membuatnya? Namun tetap dibutuhkan kelelitian ya agar hasilnya bisa maksimal dan sempurna.

Tinggalkan komentar